Jalan-Jalan ke Situ Gede Tasikmalaya

Situ Gede adalah tempat obyek wisata di Kota Tasikmalaya dengan keindahan alam yang begitu memukau sebuah Situ dengan air yang jernih dan Udara yang sejuk membuat para pengunjung enggan untuk beranjak dari tempat itu, ditengah-tenga situ terdapat pulau kecil dan disitulah tempat Makam Eyang Prabudilaya, dia adalah Tokoh Islam yang cukup tersohor ditasikmalaya.




Keberadaan Situ memiliki fungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan sawah di sekitarnya. Sementara keberadaanya pun menjadi daya tarik wisata alam yang cukup besar mengingat letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Tasikmalaya, sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan.

Kawasan Situ Gede memiliki kelengkapan sarana dan prasarana yang setiap tahunnya dilengkapi oleh pemerintah. Di antaranya gapura, loket, musola, toilet, jogging track, serta taman. Masyarakat sekitar menjadikan kawasan tersebut sebagai lahan mata pencaharian mereka di antaranya kios-kios, warung nasi yang menawarkan aneka menu ikan khas Situ Gede, penyewaan rakit, penyewaan perahu motor, atau pun sekedar mencari ikan untuk dijual.



Keberadaan Situ Gede pun menawarkan berbagai alternatif wisata, seperti wisata air, wisata ziarah, wisata olahraga, sampai wisata kuliner. Sehingga di lokasi Situ Gede ini masih membutuhkan tangan-tangan investor untuk ikut serta dalam pengembangnnya.

Situ Gede merupakan sebuah danau seluas 47 Ha dengan kedalaman air antara 1,5 s.d. 6 meter. Ditengah-tengah terdapat sebuah pulau dengan luas 1 Ha, dipulau ini dimakamkan Eyang Prabudilaya yang legendanya berkembang di masyarakat Kota Tasikmalaya, letak situ gede relatif dekat dengan pusat Kota Tasikmalaya, kuang lebih+4 km.

Fasilitas bagi wisatawan adalah gazebo 7 buah, tempat parkir cukup luas, masjid, MCK, rakit, tempat memancing, taman dan camping ground.

Aktivitas para wisatawan yang dapat dilakukan adalah joging, memancing, menjala ikan, mengelilingi pulau dengan rakit, menikmati pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar, menikmati bakar dan goreng ikan dikios-kios sekitar objek wisata, serta ziarah ke pulau situ gede.


Bagi pengunjung WISATA SITU GEDE TASIKMALAYA akan dimanjakan berbagai fasiltas diantaranya :

  1. Tempat Area Camping Situ Gede disana para pengunjung bisa melakukan kegiatan berkemah dengan nyaman
  2. Penyewaan Rakit, dengan mengeluarkan sedikit uang para pengunjung bisa berkeliling di area perairan situ gede dengan ditemani sejuknya udara duduk diatas rakit sambil berkeliling situ itu adalah sebuah pengalaman yang menakjubkan
  3. Area Memancing Situ Gede, Pagi para pengunjung yang maniak mancing ataupun yang sekedar mengisi waktu luang, anda akan bisa memancing dengan nyaman
  4. Taman yang begitu indah sebagai paru-paru kota tersedia juga di situ gede
  5. Mesjid. bagi Muslim dikala datang waktu Sholat Mesjid Juga Sudah tersedia disana
  6. Gazebo yang berjumlah 7 Buah , anda bisa duduk-duduk dengan santai disana.
  7. Wisata Kuliner yang murah meriah , dan ada juga fasilitas lainnya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url