Keindahan Gunung Galunggung Tasikmalaya

Galunggung mempunyai sejarah panjang sebagai gunung aktif di Indonesia, gunung ini dikategorikan sebagai gunung strato yakni gunung berapi mirip kerucut dengan ketinggian 2.167 Mdpl.

Gunung Galunggung yang masuk pada wilayah Tasikmalaya Jawa Barat, tepatnya masuk di wilayah Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Berjarak sekitar 20 kilometer ke arah barat daya dari Kota Tasikmalaya.

Tangga menuju kawah galunggung
Tangga menuju kawah galunggung


Pertama kali gunung ini meletus pada tanggal 18 Oktober 1820 dan letusan terakhirnya pada Tahun 1982. Pada letusan terakhir ini letusannya mencapai 20 Km ke angkasa dan abunya menyebar kekota-kota di Jawa Barat dengan radius 100 Km dari letusan Gunung.

Bagi Anda pecinta alam bebas dan mempunyai hobi mendaki gunung, Anda akan menemukan sensasi pesona gunung ini karena banyak pemandangan yang menakjubkan dan memanjakan mata kita.

Terdapat tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan apabila mengunjungi gunung ini, antara lain Danau Kawah Untuk menuju lokasi Danau Kawah, pengunjung akan melewati sekitar 620 anak tangga yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Untuk mencapai dasar kawah, pengunjung harus turun sekitar 100 meter.

Di dasar kawahnya, pengunjung dapat menikmati pesona alamnya yang eksotik, berfoto, dan memancing aneka jenis ikan air tawar Di lokasi tersebut juga terdapat sungai dari resapan Danau Kawah, gua, terowongan air menuju Sungai Cibanjaran dan Cikunir.

Wisata Alam Gunung Galunggung
Wisata Alam Gunung Galunggung
Juga di area tersebut terdapat sebuah masjid. Konon, masjid tersebut dulunya berada di area yang tinggi. Namun, posisinya berubah di dasar kawah seperti saat ini akibat letusan Gunung Galunggung pada tahun 1982.

Sedangkan obyek wisata Pemandian Cipanas, Lokasi Pemandian Cipanas tidak begitu jauh dari pintu masuk dan dapat diakses dengan berjalan kaki.

Di kawasan seluas 3 hektar ini terdapat dua lokasi pemandian, masing-masing dikelola oleh pemerintah daerah setempat dan Perhutani. Di kawasan ini terdapat kolam renang, kamar mandi, dan bak rendam air panas. Kecuali itu, di kawasan ini pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun yang memesona.

Sensasi laiinya adalah Pada malam hari, dari bibir kawahnya, Anda akan dimanjakan dengan keindahan kerlap-kerlip cahaya lampu Kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

Bagi Anda pecinta wanawisata bisa menikmati pesona hutannya yang memiliki areal sekitar 120 hektar yang dikelola pihak Perhutani. Kawasan ini berhawa sejuk, udaranya segar, dan teduh, yang mampu menyejukan alam sekitar sehingga cocok sekali dijadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga atau berkemah.

Keindahan alam di sekitar gunung ini selalu menggoda para pendaki maupun wisatawan, untuk selalu menikmati pesonanya yang tak pernah habis untuk dinikmati dan dirasakan.

Oleh karenanya Tidak lengkap rasanya bagi para penggiat alam bebas, kalau belum merasakan sesasi alam gunung salak yang selalu menggoda untuk dinikmati dan dirasakan langsung dengan berinteraksi pada alam gunung ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url